Kamis, 25 September 2014

Kreasi Pertama: Sulam Pita ^^

Kreasi Pertama: Sulam Pita ^^
Aktif kembali setelah tulisan terakhir di bulan Desember tahun lalu..


Hari ini Kamis, 25 September 2014 merupakan pengalaman pertama bagiku untuk belajar sulam pita. Keterampilan sulam pita ini aku temukan ketika saya mendampingi teman-teman Stube-Hemat Sumba yang belajar selama satu bulan di Yogyakarta. Mereka mendapat kesempatan mempelajari berbagai keterampilan dan pengetahuan di kota budaya ini, antara lain belajar kerajinan bambu, ternak, kuliner, sulam pita, batik jumputan, dan 
jurnalistik.
 


Dua hari yang lalu hingga saat ini teman-teman dari Sumba difokuskan untuk belajar sulam pita. Sulam pita merupakan kerajinan yang berkaitan dengan jahit-menjahit. Seutas pita disulam pada kain strimin. Biasanya sulam pita ini bermotif bunga dan daun. Ketika saya melihat teman-teman Sumba yang khususnya perempuan begitu bersemangat dalam membuat sulam pita, saya pun merasa tertantang untuk mencoba juga. 


Kami didampingi oleh seorang ibu yang sangat ramah dalam membagikan ilmunya dan mengajari kami dari tahap demi tahap dengan sangat telaten hingga mudah kami pahami. Bu Tanti panggilan akrab beliau, merupakan seorang perempuan yang memiliki banyak sekali bakat yang bisa dia bagikan kepada orang lain, misalnya memasak makanan tradisional, membuat jajanan pasar, menganyam bambu, membatik jumputan dan keterampilan lainnya. 


Ketika saya bercerita dengan beliau, dia mengatakan, “Saat ini belum ada keinginan memasarkan hasil karya saya sendiri, tetapi saya masih ingin membagikan ilmu-ilmu yang saya miliki ini kepada orang lain, agar ilmu itu tidak saya miliki sendiri tetapi bisa dibagikan dan bermanfaat bagi orang lain.” jawab bu Tanti.


Terima kasih bu Tanti untuk ilmu dan karya pertama yang saya dapatkan dari belajar sulam pita ini, walaupun karyanya masih berantakan, hehehe :*


Tidak ada komentar:

Posting Komentar